Senin, 26 Maret 2012

Agama

Pengertian Agama islam  

Islam adalah nama agama Allah yang disampaikan oleh nabi  Muhammad  SAW Nama Islam ini bukan pemberian dari Nabi Muhammad  Shallallaahu’alaihi wa sallam dan bukan pula pemberian para pengikut agama Islam  tetapi nama Islam  itu adalah pemberian dari  Allah taala (QS 5:3; 3:85). 
Dan para pengikut agama Islam  disebut muslimun (QS 22:78
bahkan Nabi Muhammad Shallallaahu’alaihi wa sallam  sendiri juga disebut Muslim  (QS 6:163)
Agama bahasa arabnya “diin” atau “millah”. Kata diin makna aslinya ketaatan, hukum dll. Adapun millah makna aslinya adalah perintah. Millah terutama sekali bertalian dengan Nabi, yang kepadanya agama itu diwahyukan, sedang diin bertalian dengan orang yang menganut agama itu (Al-Mufrodat fi ghoribil Quran). Adapun Islam artinya masuk dalam “silm”; kata “salm” atau “silm” dua-duanya berarti damai (Al Mufradat fi ghooribil Quran). Dua perkataan ini digunakan oleh Al-qur’an dalam arti damai (QS 2:208 dan QS 8:61). 
Jadi agama islam  itu adalah agama yang diwahyukan oleh Allah kepada nabi Muhammad Shallallaahu’alaihi wa sallam  untuk umat manusia agar mengenal dan taat kepada-Nya dalam satu jamaah yang dipimpin beliau Shallallaahu’alaihi wa sallam atau khalifah pengganti beliau, supaya iman mereka terpelihara dan memperleh kedamaian serta ridha-Nya.

Pengertian Agama islam secara etimologis
agama dalam bahasa arab disebut “   دين atau “  مللة artinya :   kepercayaan, tauhid, pembalasan atau ibadah. islam dari akar kata  “سلم “ artinya selamat, bebas, damai.
 
Agama yang diridhoi

Agama Islam adalah agama yang sempurna dan diridhoi Allah taala (QS 5:3). 
Agama ini membicarakan segala perkara (QS 97:4) 
baik dalam urusan duniawi maupun urusan ukhrowi (QS 2:201), 
misalnya nabi-nabi dan raja-raja (QS 5:20) 
dan orang yang beragama Islam diperintahkan berdoa agar dibimbing di jalan yang benar untuk mendapatkan kenikmatan dan dihindarkan dari murka Allah dan jalan yang sesat (QS 1:5-6). 
Oleh karena itu setelah Nabi Muhammad Shallallaahu’alaihi wa sallam  diutus ke dunia ini, Allah menolak pilihan orang yang memilih selain Agama Islam, dan ia tergolong orang-orang yang merugi (QS 3:85)


Tujuan Agama Islam
Agama Islam diwahyuan oleh Allah mempunyai tujuan:
Ø  Mendatangkan perdamaian  dan menyatukan umat manusia dalam satu persaudaraan (QS 2:4, 213 & 285)
Ø  Menghimpun segala kebenaran yang pernah diajarkan oleh para nabi yang diutus sebelum nabi Muhammad Shallallaahu’alaihi wa sallam (QS 98: 2-3)
Ø  Meluruskan kesalahan dan menyaring ajaran yang benar (QS 5:48)
Ø  Mengajarkan dan memberikan contoh ajaran kebenaran yang sempurna abadi (QS 5:3) 
Janji Allah kepada Orang Islam

Orang yang dengan hati tulus berserah diri kepada apa yang dikehendaki oleh Allah dan berbuat baik kepada sesama makhluk, baik manusia maupun bukan manusia, baginya diberi pahala surga dari sisi-Nya (QS 2: 111-112). 
Gambaran surga itu adalah apabila ia menghadapi waktu sekarang, hatinya mereka berkecukupan, apabila ia menatap masa yang akan datang, hatinya tidak merasa takut dan khawatir dan jika ia mengingat masa lalunya, hatinya dihindarkan dari rasa susah (QS 2:112) 
inilah surga yang diberikan kepada orang Islam di dunia ini. Sebab ia telah berhasil mencintai Allah taala dengan mengorbankan segala yang dimilikinya, sehingga Allah ridha kepadanya dan ia pun ridha kepada-Nya (Qs 98:8). 
Orang yang demikian inilah yang dijanjikan akan mendapat dua surga di dunia ini dan surga di alam akhirat nanti (QS 55:3)

1 komentar:

  1. coba teruskan karyanya,,,jangan berhenti.

    BalasHapus